Salah satu tugas Pusat Kurikulum dan Perbukuan adalah mengembangkan model-model kurikulum tingkat satuan pendidikan. Model-model tersebut bersama dengan sumber-sumber yang lain diharapkan menjadi contoh dalam mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan di sekolah/madrasah, sehingga pengembangan kurikulum pada satuan pendidikan dapat memberi kesempatan peserta didik untuk :
(a) belajar beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
(b) belajar memahami dan menghayati,
(c) belajar mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif,
(d) belajar hidup bersama dan berguna untuk orang lain,
(e) belajar membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
Contoh RPP: Ilmu Pengetahuan Sosial
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 1 )
Nama Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 6 Manado
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII/I
|
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami
lingkungan kehidupan manusia
|
Kopetensi Dasar
|
:
|
1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk
muka bumi, proses pembentukannya, dan dampaknya terhadap kehidupan.
|
Indikator
|
:
|
1.
Menjelaskan bentuk gambar,
tabel, dan peta mengenai bentuk-bentuk muka bumi dan persebarannya.
2.
Mendeskripsikan dengan
bantuan peta dunia mengenai dua jalur rangkaian (sirkum) yang membentuk
hampir seluruh bentuk muka bumi Indonesia.
a.
Mendeskripsikan proses alam endogen yang
menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi.
b. Mendeskripsikan
gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.
c.
Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab
terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.
d. Mengindentifikasi
jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.
e.
Mendeskripsikan
proses pelapukan.
f.
Mendeskripsikan
proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya..
g. Memberikan
contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
h.
Mengidentifikasi dampak positif dan negatif
dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
12 jam pelajaran (6 x pertemuan)
|
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah
selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Menjelaskan
bentuk gambar, tabel, dan peta mengenai bentuk-bentuk muka bumi dan
persebarannya.
2. Mendeskripsikan dengan bantuan peta dunia
mengenai dua jalur rangkaian (sirkum) yang membentuk hampir seluruh bentuk muka
bumi indonesia.
3. Menjelaskan bentuk gambar dan maket mengenai
proses pembentukan muka bumi secara umum.
4. Mengindentifikasi
jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.
5. Mendeskripsikan proses pelapukan.
6. Mendeskripsikan proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya,
dampaknya
7. Mendeskripsikan
proses perubahan permukaan muka bumi yang disebabkan oleh tenaga endogen dan
eksogen
8. Menjelaskan bentuk gambar, tabel, dan diagram
mengenai batuan pembentuk permukaan bumi secara sistematis dan skematis.
9. Menjelaskan bentuk gambar, tabel, dan diagram
mengenaiproses pembentukan batuan beku, batuan sedimen, dan batuan malihan.
10. Menjelaskan melalui gambar, foto, berita guntingan koran
atau majalah, peta, tabel, atau grafik mengenai dampak tenaga pembentuk
permukaan bumi.
B. Materi Pembelajaran :
1. Bentuk gambar,
tabel, dan peta mengenai bentuk-bentuk muka bumi dan persebarannya.
2. Peta dunia mengenai dua jalur rangkaian
(sirkum) yang membentuk hampir seluruh bentuk muka bumi indonesia.
3. Gambar dan maket mengenai proses pembentukan
muka bumi secara umum.
4. Batuan
berdasarkan proses pembentukannya.
5. Proses
pelapukan.
6. Proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya,
dampaknya
7. Proses
perubahan permukaan muka bumi yang disebabkan oleh tenaga endogen dan eksogen
8. Gambar, tabel, dan diagram mengenai batuan
pembentuk permukaan bumi secara sistematis dan skematis.
9. Gambar, tabel, dan diagram mengenaiproses
pembentukan batuan beku, batuan sedimen, dan batuan malihan.
10. Gambar, foto, berita guntingan koran atau majalah, peta,
tabel, atau grafik mengenai dampak tenaga pembentuk permukaan bumi.
C. Metode Pembelajran :
1. Ceramah berfariasi
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Pengamatan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
No.
|
Kegiatan Belajar Mengajar
|
1.
2.
.
3.
|
Kegiatan Awal
Guru membuka
pelajaran dengan:
a.
Mengecek kehadiran siswa
b.
Menyajikan gambar-gambar yang relevan
c.
Mengajukan beberapa pertanyaan awal yang terkait dengan
materi yang akan dibahas.
Kegiatan Inti
a.
Guru menjelaskan dan memberi contoh dalam bentuk
gambar, tabel, dan peta mengenai bentuk-bentuk muka bumi dan persebarannya.
b.
Guru mendeskrisikan dengan bantuan peta dunia mengenai
dua jalur rangkaian (sirkum) yang membentuk hampir seluruh bentuk muka bumi
Indonesia.
c.
Guru memberi kesempatan diskusi kelas mengenai
bentuk-bentuk muka bumi dan persebarannya.
Kegiatan
Penutup
a.
Membuat kesimpulan bersama siswa
b.
Memberikan tes akhir dengan tanya jawab
c. Memberi tugas membuat peta Indonesia
d. Mmenutup pelajaran dengan membuat ringkasan
materi yang telah dibahas.
|
Pertemuan ke-2
No.
|
Kegiatan Belajar Mengajar
|
1.
2.
3.
|
Kegiatan
Awal
Guru membuka pelajaran dengan:
a.
Mengecek kehadiran siswa;
b.
Memasang gambar-gambar yang relevan
c.
Mengajukan beberapa pertanyaan awal yang terkait dengan
materi yang akan dibahas.
Kegiatan
Inti
a.
Guru menjelaskan dan memberi contoh dalam bentuk gambar
dan maket mengenai proses pembentukan muka bumi secara umum.
b.
Guru mendeskripsikan proses perubahan permukaan muka
bumi yang disebabkan oleh tenaga endogen (Proses diatropisme-patahan dan
lipatan).
c.
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan mengenai materi proses
diatropisme.
Kegiatan
Penutup
|
Pertemuan ke-3
No.
|
Kegiatan Belajar Mengajar
|
1.
2.
3.
|
Kegiatan
Awal
Guru membuka
pelajaran dengan:
a.
Mengecek kehadiran siswa;
b.
Mengajukan beberapa pertanyaan awal yang terkait dengan
materi yang akan dibahas
c.
Memberikan contoh aktual
Kegiatan
Inti
a.
Guru mendeskripsikan proses perubahan permukaan muka
bumi yang disebabkan oleh tenaga
endogen (Proses vulkanisme).
b.
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengajukan
pertanyaan mengenai materi proses vulkanisme
c. Guru mendeskripsikan proses perubahan permukaan
muka bumi yang disebabkan oleh tenaga eksogen (Pelapukan, Erosi, dan
Sedimentasi).
d. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengajukan
pertanyaan mengenai materi.
Kegiatan
Penutup
a.
Memberikan tes
b.
Memberi tugas terhadap siswa
c.
Menyimpulkan materi pelajaran yang telah disampaikan.
|
Pertemuan ke-4
No
|
Kegiatan Belajar Mengajar
|
1.
2.
3.
|
Kegiatan
Awal
Guru membuka
pelajaran dengan:
a Mengecek kehadiran siswa;
b.
Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mengajukan pernyataan mengenai materi minggu lalu, terutama
hal-hal yang belum dipahami;
c.
Mengajukan beberapa pertanyaan awal yang terkait dengan materi yang akan
dibahas.
Kegiatan Inti
a.
Guru menjelaskan dan memberi contoh dalam bentuk gambar, tabel, dan diagram
mengenai batuan pembentuk permukaan bumi secara sistematis dan skematis.
b. Guru menjelaskan dan memberi contoh dalam
bentuk gambar, tabel, dan diagram mengenai proses pembentukan batuan beku,
batuan sedimen, dan batuan malihan.
c. Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan dan pernyataan mengenai
materi-materi yang belum dipahami.
Kegiatan
Penutup
a. Guru memberikan
kesimpulan materi pelajaran yang telah disampaikan.
b. Menyampaikan
informasi pertemuan yang akan datang
|
Pertemuan ke-5
No
|
Kegiatan Belajar Mengajar
|
1.
2.
|
Kegiatan
Awal
Guru membuka
pelajaran dengan:
a Mengecek kehadiran siswa;
b.
Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mengajukan pernyataan mengenai materi minggu lalu, terutama
hal-hal yang belum dipahami;
c.
Mengajukan beberapa pertanyaan awal yang terkait dengan materi yang akan
dibahas.
Kegiatan Inti
a. Guru membagi kelompok menjadi 8 kelompok
b. Masing-masing kelompok mengerjakan tugas sesuai
dengan materi yang diberikan
c. Siswa melakukan pengamatan terhadap berbagai
jenis batuan berdasarkan ciri-ciri fisik batuan tertentu secara berkelompok.
|
No
|
Kegiatan Belajar Mengajar
|
3.
|
d.
Guru menugaskan kepada siswa untuk mcmprcsetasikan
hasil pengamatan dalam diskusi kelas.
e.
Siswa melakukan tanya jawab di kelas berupa presentasi
hasil pengamatan berbagai jenis batuan.
Kegiatan
Penutup
a.
Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi
b.
Membuat kesimpulan bersama siswa
c.
Memberi tugas untuk pertemuan yang akan datang
|
Pertemuan ke-6
No.
|
Kegiatan Belajar Mengajar
|
1.
2.
3.
|
Kegiatan
Awal
Guru
membuka pelajaran dengan:
a Mengecek kehadiran siswa;
b.
Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mengajukan pernyataan mengenai materi minggu lalu, terutama
hal-hal yang belum dipahami;
c. Mengajukan beberapa pertanyaan awal yang
terkait dengan materi yang akan dibahas.
Kegiatan Inti
a.
Guru menjelaskan dan memberi contoh melalui gambar, foto, berita guntingan
koran atau majalah, peta, tabel, atau grafik mengenai dampak tenaga pembentuk
permukaan bumi.
b.
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mengajukan pernyataan bahkanmenjawab
pertanyaan temanya sendiri.
c.
Siswa merencanakan kunjungan ke Museum Geologi untuk melihat jenis-jenis
batuan pembentukmuka bumi atau kunjungan ke lokasi bekas letusan gunungapi,
serta mempersipakan pedoman yang harus diisi siswa dalam kunjungan tersebut.
Kegiatan Penutup
a.
Membuat kesimpulan bersama siswa
b.
Memberikan tes dengan tanya jawab
c. Menutup pelajaran dengan membuat ringkasan
dan materi yang telah dibahas
|
E. Sumber dan Media Pembelajaran :
1. Peta, Atlas, Globe
2. Buku-buku IPS yang relevan
F. Penilaian :
1. Tehnik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Ketrampilan Proses
2. Bentuk Instrumen
a. Tes Uraian
b. Tes Identifikasi
3. Soal/ Instrumen
A. Pilihan
Ganda
·
Gejala alam yang diakibatkan oleh tenaga eksogen
yaitu ….
a. tektonik
|
c. vulkanik
|
b. gempa
|
d. erosi
|
|
|
|
|
·
Jalur pegunungan lipatan berikut yang bukan
termasuk lipatan berikut yang bukan termasuk lipatan/sirkum Mediterania adalah
….
a. pegunungan ural
|
c. pegunungan Himalaya
|
b. pegunungan kaukasus
|
d. pegunungan Andes
|
|
|
·
Erupsi gunung api berupa lelehan lava disebut ….
a. efasif
|
c. eksplosif
|
b. erupsi
|
d. piroklastik
|
|
|
·
Gunung
Batur terletak di Provinsi ….
a. Bali
|
c. Jawa Timur
|
b. Jawa Barat
|
d. Jawa Tengah
|
|
|
·
Bentuk
gunung api di Indonesia pada jenis ….
a. tameng
|
c. strato
|
b. perisai
|
d. maar
|
|
|
|
·
Gas gunung api yang berupa karbon dioksida
disebut ….
a. solfatar
|
c. geyser
|
b. mofet
|
d. fumarol
|
|
|
·
Sand dunes adalah bentuk alam yang terjadi
akibat penumpukan sedimen yang terdapat di daerah ….
a. gunung
|
c. gurun
|
b. laut
|
d. danau
|
|
|
·
Suatu gempa dapat dikatagorikan "Bencana
Nasional" apabila Richternya mencapai kekuatan ….
a. 3 – 4
|
c. 5 – 6
|
b. 0 – 2
|
d. diatas 8
|
|
|
·
Tektonik, vulkanik dan gempa bumi termasuk dalam
….
a. tenaga endogen
|
c. tenaga eksogen
|
b. sedimentasi
|
d. destruktif pawer
|
B. Menjodohkan
1. Endapan lumpur atau pasir
di laut
|
a. Litosfer
|
2. Gunuk pasir di gurun seperti punggung paus
|
b. Vulkanik
|
3. Lapisan kerak bumi
|
c. Pelapukan
|
4. Gempa yang terjadi setelah
gunung api meletus
|
d. Whalebeck
|
5. Proses penghancuran masa batuan
oleh media penghancur
|
e. Delta
|
C.
Uraian
1. Jelaskan bentuk gambar, tabel, dan peta
mengenai bentuk-bentuk muka bumi dan persebarannya.
2. Jelaskan dengan bantuan peta dunia mengenai
dua jalur rangkaian (sirkum) yang membentuk hampir seluruh bentuk muka bumi
Indonesia.
3. Jelaskan bentuk gambar dan maket mengenai
proses pembentukan muka bumi secara umum.
4. Jelaskan jenis batuan berdasarkan proses
pembentukannya.
5. Jelaskan
proses pelapukan.
6. Jelaskan
proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya
7. Jelaskan proses perubahan permukaan muka bumi
yang disebabkan oleh tenaga endogen dan eksogen
8. Jelaskan bentuk gambar, tabel, dan diagram
mengenai batuan pembentuk permukaan bumi secara sistematis dan skematis.
9. Jelaskan bentuk gambar, tabel, dan diagram
mengenaiproses pembentukan batuan beku, batuan sedimen, dan batuan malihan.
10. Jelaskan melalui gambar, foto, berita guntingan koran atau
majalah, peta, tabel, atau grafik mengenai dampak tenaga pembentuk permukaan
bumi
Manado,
Juni 2007
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Guru Mata Pelajaran,
-------------------------
-----------------------
NIP NIP