24 Jun 2012

Kajian Kebijakan Kurikulum

KAJIAN KEBIJAKAN KURIKULUM
 Berdasarkan arah dan kebijakan di bidang kurikulum, Pusat Kurikulum dan Perbukuan sesuai tugas dan fungsinya perlu melakukan kajian kebijakan kurikulum satuan pendidikan yang hasilnya dapat digunakan sebagai masukan untuk penguatan dalam pengembangan dan implementasi kurikulum oleh satuan pendidikan pada tingkat nasional, daerah dan sekolah dalam menyempurnakan Standar Nasional Pendidikan.
Kajian kurikulum dapat mencakup kajian pengembangan komponen-komponen standar nasional pendidikan dan implementasinya pada berbagai jenjang, jenis pendidikan, pada tingkat satuan pendidikan, dan sarana maupun prasarana pendukungnya serta daya dukung organisasi dalam menjalankan kegiatan secara efektif seperti kebijakan mutu yang diterapkan organisasi, kebijakan dalam manajemen perencanaan dan pelaporan pelaksanaan kegiatan, dan kebijakan sistem adminstrasi pengelolaan kurikulum. Hasil pengkajian ini, nantinya dapat digunakan sebagai masukan dalam penyempurnaan secara menyeluruh dan berkelanjutan Standar Nasional Pendidikan sehingga arah kebijakan pengembangan kurikulum pada satuan pendidikan dapat diterapkan atau diimplementsikan sesuai dengan perkembangan iptek, kebutuhan, dan karakteristik siswa, sekolah dan daerah.
 
Berikut ini hasil Kajian Kebijakan Kurikulum yang telah dilakukan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan:
 
Download untuk Kajian Kebijakan Kurikulum Tahun 2007 :

01. Naskah Akademik KTSP
19. Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran TIK
 

Popular Posts

© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com