23 Jun 2012

Model Kurikulum Satuan Pendidikan


Salah satu tugas Pusat Kurikulum dan Perbukuan adalah mengembangkan model-model kurikulum tingkat satuan pendidikan. Model-model tersebut bersama dengan sumber-sumber yang lain diharapkan menjadi contoh dalam mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan di sekolah/madrasah, sehingga pengembangan kurikulum pada satuan pendidikan dapat memberi kesempatan peserta didik untuk :
(a) belajar beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
(b) belajar memahami dan menghayati,
(c) belajar mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif,
(d) belajar hidup bersama dan berguna untuk orang lain,
(e) belajar membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.





 
Contoh RPP: Ilmu Pengetahuan Sosial

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 1 )    

Nama Sekolah
:
SMP Negeri 6 Manado
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas/Semester
:
VII/I
Standar Kopetensi
:
1.      Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kopetensi Dasar
:
1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukannya, dan dampaknya terhadap kehidupan.
Indikator
:
1.       Menjelaskan bentuk gambar, tabel, dan peta mengenai bentuk-bentuk muka bumi dan persebarannya.
2.       Mendeskripsikan dengan bantuan peta dunia mengenai dua jalur rangkaian (sirkum) yang membentuk hampir seluruh bentuk muka bumi Indonesia.
a.        Mendeskripsikan proses alam endogen yang menyebabkan   terjadinya     bentuk muka bumi.
b.       Mendeskripsikan gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.
c.        Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.
d.       Mengindentifikasi jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.
e.        Mendeskripsikan  proses pelapukan.
f.        Mendeskripsikan  proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya..
g.       Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
h.     Mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.
Alokasi Waktu
:
12 jam pelajaran (6 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :
     Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1.   Menjelaskan bentuk gambar, tabel, dan peta mengenai bentuk-bentuk muka bumi dan persebarannya.
      2.   Mendeskripsikan dengan bantuan peta dunia mengenai dua jalur rangkaian (sirkum) yang membentuk hampir seluruh bentuk muka bumi indonesia.
  3.   Menjelaskan bentuk gambar dan maket mengenai proses pembentukan muka bumi secara umum.
4.   Mengindentifikasi jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.
5.   Mendeskripsikan  proses pelapukan.
6.   Mendeskripsikan  proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya
7.   Mendeskripsikan proses perubahan permukaan muka bumi yang disebabkan oleh tenaga endogen dan eksogen
   8.   Menjelaskan bentuk gambar, tabel, dan diagram mengenai batuan pembentuk permukaan bumi secara sistematis dan skematis.
   9.   Menjelaskan bentuk gambar, tabel, dan diagram mengenaiproses pembentukan batuan beku, batuan sedimen, dan batuan malihan.
     10.          Menjelaskan melalui gambar, foto, berita guntingan koran atau majalah, peta, tabel, atau grafik mengenai dampak tenaga pembentuk permukaan bumi.

B. Materi Pembelajaran :
1.   Bentuk gambar, tabel, dan peta mengenai bentuk-bentuk muka bumi dan persebarannya.
      2.   Peta dunia mengenai dua jalur rangkaian (sirkum) yang membentuk hampir seluruh bentuk muka bumi indonesia.
  3.   Gambar dan maket mengenai proses pembentukan muka bumi secara umum.
4.   Batuan berdasarkan proses pembentukannya.
5.   Proses pelapukan.
6.   Proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya
7.   Proses perubahan permukaan muka bumi yang disebabkan oleh tenaga endogen dan eksogen
   8.   Gambar, tabel, dan diagram mengenai batuan pembentuk permukaan bumi secara sistematis dan skematis.
   9.   Gambar, tabel, dan diagram mengenaiproses pembentukan batuan beku, batuan sedimen, dan batuan malihan.
     10.          Gambar, foto, berita guntingan koran atau majalah, peta, tabel, atau grafik mengenai dampak tenaga pembentuk permukaan bumi.

C. Metode Pembelajran :
1.   Ceramah berfariasi
2.   Diskusi
3.   Tanya jawab
4.   Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1

No.
Kegiatan Belajar Mengajar
1.





2.

.





3.
   Kegiatan Awal
Guru membuka pelajaran dengan:
a.       Mengecek kehadiran siswa
b.      Menyajikan gambar-gambar yang relevan
c.       Mengajukan beberapa pertanyaan awal yang terkait dengan materi yang akan dibahas.
Kegiatan Inti
a.       Guru menjelaskan dan memberi contoh dalam bentuk gambar, tabel, dan peta mengenai bentuk-bentuk muka bumi dan persebarannya.
b.      Guru mendeskrisikan dengan bantuan peta dunia mengenai dua jalur rangkaian (sirkum) yang membentuk hampir seluruh bentuk muka bumi Indonesia.
c.       Guru memberi kesempatan diskusi kelas mengenai bentuk-bentuk muka bumi dan persebarannya.

Kegiatan Penutup
a.       Membuat kesimpulan bersama siswa
b.      Memberikan tes akhir dengan tanya jawab
c.       Memberi tugas membuat peta Indonesia
d.      Mmenutup pelajaran dengan membuat ringkasan materi yang telah dibahas.

Pertemuan ke-2
No.
Kegiatan Belajar Mengajar
1.





2.






3.

Kegiatan Awal
   Guru membuka pelajaran dengan:
a.       Mengecek kehadiran siswa;
b.      Memasang gambar-gambar yang relevan
c.       Mengajukan beberapa pertanyaan awal yang terkait dengan materi yang akan dibahas.
Kegiatan Inti
a.       Guru menjelaskan dan memberi contoh dalam bentuk gambar dan maket mengenai proses pembentukan muka bumi secara umum.
b.      Guru mendeskripsikan proses perubahan permukaan muka bumi yang disebabkan oleh tenaga endogen (Proses diatropisme-patahan dan lipatan).
c.       Guru  memberi kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan mengenai materi proses diatropisme.
Kegiatan Penutup
  1. Menyimpulkan materi pelajaran yang telah disampaikan.
  2. Memberi tugas individu


Pertemuan ke-3

No.
Kegiatan Belajar Mengajar
1.





2.








3.



Kegiatan Awal
Guru membuka pelajaran dengan:
a.       Mengecek kehadiran siswa;
b.      Mengajukan beberapa pertanyaan awal yang terkait dengan materi yang akan  dibahas
c.       Memberikan contoh aktual

Kegiatan Inti
a.       Guru mendeskripsikan proses perubahan permukaan muka bumi yang  disebabkan oleh tenaga endogen (Proses vulkanisme).
b.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan mengenai materi proses vulkanisme
c.       Guru mendeskripsikan proses perubahan permukaan muka bumi yang disebabkan oleh tenaga eksogen (Pelapukan, Erosi, dan Sedimentasi).
d.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan mengenai materi.
Kegiatan Penutup
a.       Memberikan tes
b.      Memberi tugas terhadap siswa
c.       Menyimpulkan materi pelajaran yang telah disampaikan.


Pertemuan ke-4
No
Kegiatan Belajar Mengajar
1.





2.






3.
Kegiatan Awal
Guru membuka pelajaran dengan:
a   Mengecek kehadiran siswa;
b. Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mengajukan pernyataan   mengenai materi minggu lalu, terutama hal-hal yang belum dipahami;
c. Mengajukan beberapa pertanyaan awal yang terkait dengan materi yang akan dibahas.
Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan dan memberi contoh dalam bentuk gambar, tabel, dan diagram mengenai batuan pembentuk permukaan bumi secara sistematis dan skematis.
b.  Guru menjelaskan dan memberi contoh dalam bentuk gambar, tabel, dan diagram mengenai proses pembentukan batuan beku, batuan sedimen, dan batuan malihan.
c.  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan dan pernyataan mengenai materi-materi yang belum dipahami.
Kegiatan Penutup
a. Guru memberikan kesimpulan materi pelajaran yang telah disampaikan.
b. Menyampaikan informasi pertemuan yang akan datang
Pertemuan ke-5
No
Kegiatan Belajar Mengajar
1.





2.




Kegiatan Awal
Guru membuka pelajaran dengan:
a   Mengecek kehadiran siswa;
b. Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mengajukan pernyataan   mengenai materi minggu lalu, terutama hal-hal yang belum dipahami;
c. Mengajukan beberapa pertanyaan awal yang terkait dengan materi yang akan dibahas.
Kegiatan Inti
a.       Guru membagi kelompok menjadi 8 kelompok
b.      Masing-masing kelompok mengerjakan tugas sesuai dengan materi yang diberikan
c.       Siswa melakukan pengamatan terhadap berbagai jenis batuan berdasarkan ciri-ciri fisik batuan tertentu secara berkelompok.








No
Kegiatan Belajar Mengajar




3.


d.      Guru menugaskan kepada siswa untuk mcmprcsetasikan hasil pengamatan dalam diskusi kelas.
e.       Siswa melakukan tanya jawab di kelas berupa presentasi hasil pengamatan berbagai jenis batuan.
Kegiatan Penutup
a.       Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi
b.      Membuat kesimpulan bersama siswa
c.       Memberi tugas untuk pertemuan yang akan datang
Pertemuan ke-6
No.
Kegiatan Belajar Mengajar
1.





2.








3.



Kegiatan Awal
Guru membuka pelajaran dengan:
a   Mengecek kehadiran siswa;
b. Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mengajukan pernyataan   mengenai materi minggu lalu, terutama hal-hal yang belum dipahami;
c.  Mengajukan beberapa pertanyaan awal yang terkait dengan materi yang akan dibahas.
Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan dan memberi contoh melalui gambar, foto, berita guntingan koran atau majalah, peta, tabel, atau grafik mengenai dampak tenaga pembentuk permukaan bumi.
b. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mengajukan pernyataan bahkanmenjawab pertanyaan temanya sendiri.
c. Siswa merencanakan kunjungan ke Museum Geologi untuk melihat jenis-jenis batuan pembentukmuka bumi atau kunjungan ke lokasi bekas letusan gunungapi, serta mempersipakan pedoman yang harus diisi siswa dalam kunjungan tersebut.
Kegiatan Penutup
a.      Membuat kesimpulan bersama siswa
b.      Memberikan tes dengan tanya jawab
c.  Menutup pelajaran dengan membuat ringkasan dan materi yang telah dibahas


E. Sumber dan Media Pembelajaran :
1. Peta, Atlas, Globe
2. Buku-buku IPS yang relevan

F. Penilaian :

1. Tehnik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Ketrampilan Proses

2. Bentuk Instrumen
a. Tes Uraian
b. Tes Identifikasi

3. Soal/ Instrumen

            A.  Pilihan Ganda

·         Gejala alam yang diakibatkan oleh tenaga eksogen yaitu ….
a. tektonik
c. vulkanik
b. gempa
d. erosi




·         Jalur pegunungan lipatan berikut yang bukan termasuk lipatan berikut yang bukan termasuk lipatan/sirkum Mediterania adalah ….
a. pegunungan ural
c. pegunungan Himalaya
b. pegunungan kaukasus
  d. pegunungan Andes


·         Erupsi gunung api berupa lelehan lava disebut ….
a. efasif
c. eksplosif
b. erupsi
d. piroklastik


·         Gunung Batur terletak di Provinsi ….
a. Bali
c. Jawa Timur
b. Jawa Barat
d. Jawa Tengah


·         Bentuk gunung api di Indonesia pada jenis ….
a. tameng
c. strato
b. perisai
d. maar



·         Gas gunung api yang berupa karbon dioksida disebut ….
a. solfatar
c. geyser
b. mofet
d. fumarol


·         Sand dunes adalah bentuk alam yang terjadi akibat penumpukan sedimen yang terdapat di daerah ….
a. gunung
c. gurun
b. laut
d. danau


·         Suatu gempa dapat dikatagorikan "Bencana Nasional" apabila Richternya mencapai kekuatan ….
a. 3 – 4
c. 5 – 6
b. 0 – 2
d. diatas 8


·         Tektonik, vulkanik dan gempa bumi termasuk dalam ….
a. tenaga endogen
c. tenaga eksogen
b. sedimentasi
d. destruktif pawer

B.  Menjodohkan

1.   Endapan lumpur atau pasir di laut
a. Litosfer
2.   Gunuk pasir di gurun seperti punggung paus
b. Vulkanik
3.   Lapisan kerak bumi
c. Pelapukan
4.   Gempa yang terjadi setelah gunung api meletus
d. Whalebeck
5. Proses penghancuran masa batuan oleh media penghancur
e. Delta

C. Uraian
1.   Jelaskan bentuk gambar, tabel, dan peta mengenai bentuk-bentuk muka bumi dan persebarannya.
2.   Jelaskan dengan bantuan peta dunia mengenai dua jalur rangkaian (sirkum) yang membentuk hampir seluruh bentuk muka bumi Indonesia.
3.   Jelaskan bentuk gambar dan maket mengenai proses pembentukan muka bumi secara umum.
4.   Jelaskan jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.
5.   Jelaskan  proses pelapukan.
6.   Jelaskan proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya
7.   Jelaskan proses perubahan permukaan muka bumi yang disebabkan oleh tenaga endogen dan eksogen
8.   Jelaskan bentuk gambar, tabel, dan diagram mengenai batuan pembentuk permukaan bumi secara sistematis dan skematis.
9.   Jelaskan bentuk gambar, tabel, dan diagram mengenaiproses pembentukan batuan beku, batuan sedimen, dan batuan malihan.
10.     Jelaskan melalui gambar, foto, berita guntingan koran atau majalah, peta, tabel, atau grafik mengenai dampak tenaga pembentuk permukaan bumi



                                                                                       Manado,   Juni  2007
          Mengetahui
          Kepala Sekolah,                                                     Guru Mata Pelajaran,




          -------------------------                                              -----------------------
NIP                                                                                     NIP






















 

Popular Posts

© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com